Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

E-Mail


Pengertian e-mail dapat di tinjau dari kepanjangannya terlebih dahulu. Email merupakan singkatan darielectronic mail atau surat elektronik. Di salah satu literatur komputer, bahkan saya mendapatkan istilahsurel untuk surat elektronik sebagai bahasa terjemahan dari email (electronic mail). Hanya saja, bagi saya pribadi penggunaan istilah email sepertinya jauh lebih nyaman ditelinga.
Lebih jauh, pengeritan E-mail atau electronic mail atausurat elektronik adalah salah satu jenis layanan internetyang dapat digunakan untuk berkirim surat secara elektronik. Surat akan dikirim sesuai dengan alamat yang diberikan kepadanya. Tiap pengguna internet memiliki alamat yang unik, persis seperti nomor telepon kita. Setiap orang bahkan bisa memiliki lebih dari satu alamat email sama seperti nomor HP yang satu orang bisa memiliki puluhan nomor.
Alamat email terdiri atas dua bagian yang dipisahkan oleh tanda @. Bagian pertama merupakan user-id dan bagian kedua menunjukan penyedia layanan e-mail,misalnya kang.moes@yahoo.com, kang.moes merupakan user-id nya sedangakan gmail merupakan penyedia layanan e- mail. (cara membuat email di yahoo)
Ada 2 jenis layanan e-mail, yaitu email web-based dannon web-based. Untuk dapat menggunakan e-mail yang web-based kita harus mendaftar terlebih dahulu melalui siitus yang disediakan, contohnya  gmail.com, mail.yahoo.com, dan lain – lain, sedangkan untuk yang non web based pendaftaran dilakukan melaluiadministrator penyedia layanan. Demikian informasisingkat mengenai pengertian email ini.
Manfaat dan Kegunaan Email
Manfaat dan kegunaan email bagi tiap-tiap kita berbeda-beda atau relatif. Di era informasi ini akun email atau biasa kita sebut email, sangat penting bagi seorang netter. Jadi, jika Anda seorang calon netter yang baru saja mengenal Internet, email sangatlah dibutuhkan. Tanpa email seorang netter tak bisa berbuat apa-apa. Sesuai namanya email atau e-mail (elektronic mail) yang dalam bahasa indonesianya surat elektronik, email bisa kita gunakan untuk berkirim surat secara instan di internet. Tidak hanya itu, email memiliki beberapa manfaat dan kegunaan lainny
Berikut adalah manfaat dan kegunaan email:
Manfaat dan Kegunaan Email
Manfaat dan Kegunaan Email –> Perkembangan situs jejaring sosial.
Bagi kita yang sudah mengenal internet keberadaan situs jejaring sosialseperti Facebook dan Twitter tidaklah asing. Bahkan hampir semua yang mengenal internet ini memiliki akun jejaring sosial tersebut. Nah, untuk registrasi atau memiliki akun jejaring tersebut kita membutuhkan sebuah akun email sebagai syarat registrasi yang penting.
Manfaat dan Kegunaan Email –> Akses dunia pendidikan yang lebih luas.
Bagi para pelajar, ilmuwan atau siapa pun yang haus ilmu, mempunyai akun email membuat mereka mempunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkan berbagai macam ilmu yang mereka butuhkan. Jurnal-jurnal, referensi ilmiah yang tersedia luas di dunia internet dapat dengan mudah bisa kita dapatkan. Nah, untuk mendapatkan semuanya itu, kita memerlukan akun email untuk proses registrasi atau berlangganan.
Manfaat dan Kegunaan Email –> Akses dunia kerja secara langsung.
Jangan heran jika dizaman sekarang tidak ada lagi para pelamar kerja yang menenteng Ijazah dari satu kantor ke kantor lain untuk melamar kerja. Di era internet ini para pencari kerja yang sedang mencari lowongan telah menggunakan email sebagai sarana komunikasi dengan perusahaan tujuan. Penggunaan email bahkan lebih efisien karena menghemat biaya transportasi dan tenaga. Right? J Bahkan, pengiriman curriculum vitae dan surat lamaran kerja dapat dengan mudah dilakukan melalui email, sebelum proses wawancara tatap muka dilakukan.
Manfaat dan Kegunaan Email –> Sarana promosi product barang atau jasa.
Seorang penjual atau agen pemasaran product atau jasa yang handal perlu memanfaatkan segala cara untuk bisa mendapatkan seorang pelanggan. Penggunaan email dalam pemasaran langsung (direct marketing) merupakan sebuah cara efektif yang dapat membantu pemasaran produk perusahaan Anda secara lebih luas dan tepat. Sekali lagi keberadaan email sangat menghemat biaya, tenaga dan waktu, bukan?
Nah, dari beberapa manfaat email di atas masih terdapat lebih banyak lagimanfaat dan kegunaan email yang kegunaannya dapat berbeda-beda bagi setiap individu. Satu hal yang patut dicermati adalah email penting dalam proses pertukaran informasi. Mengingat sekarang adalah era internet atau informasi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar