Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Diabetes

Diabetes (kencing manis) adalah penyakit dimana tubuh penderita sudah tidak mampu mengendalikan kadar gula dalam darah. Karena penderita mengalami gangguan metabolisme pada proses penyerapan gula oleh tubuh. Gangguan metabolisme ini terjadi karena tubuh penderita tidak memproduksi zat insulin dalam jumlah cukup atau juga bisa karena tubuh penderita diabetes (pasien) sudah tidak mampu memanfaatkan zat insulin secara efektif- sudah tidak sensitif terhadap insulin.

Akibat gangguan insulin, berdampak pada penumpukan kadar gula dalam darah. Penumpukan kadar gula dalam darah akan di limpahkan ke saluran urine. Oleh karena itu pada penderita diabetes, biasanya air kencingnya dikerubuti semut.

Selain itu, gangguan insulin juga mengakibatkan kadar lemak di pembuluh darah meningkat. Gangguan ini beresiko menimbulkan kecacatan- karena bagian tubuh yang terluka akan mudah terinfeksi- dan memunculkan komplikasi penyakit lain seperti jantung koroner, stroke, dan gagal ginjal.


Berdasarkan cara penyembuhannya, diabetes dapat dibedakan menjadi dua tipe. Tipe pertama, penderita diabetes memiliki ketergantungan pada insulin secar penuh. Orang yang menderita diabetes tipe ini biasanya di ijeksi insulin. Tipe kedua, penderita diabetes masih dapat dibantu dengan obat-obatan. Diabetes tipe kedua biasanya dialami oleh orang yang kelebihan berat badan (obesitas).



Gejala Diabetes

Gejala diabetes ditandai dengan kondisi dimana seseorang sering merasa lapar dan haus, sering buang air kecil, terjadi penurunan berat badan, mudah lelah, sering terjadi infeksi pada kulit, luka yang lama sembuhnya, dan urine sering dikerubuti semut.

Penyebab Diabetes

Penyakit diabetes biasanya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, pola makan keliru, kurang gerak /kurang aktivitas, stres, dan ada beberapa kasus disebabkan oleh faktor keteurunan (genetika).

Cara Pencegahan:

Mempunyai gaya hidup sehat, mengatur pola makan, hindari makanan yang banyak mengandung gula, protein, dan garam, rajin melakukan pengecekan kadar gula

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar